SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI MANDAILING NATAL NOMOR 11 TAHUN 2019 TENTANG KEPESERTAAN KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA DALAM PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN.

 

Panyabungan, 04 Mei 2019.

 

Pemerintah Kab. Mandailing Natal Tahun Anggaran 2019 melalui Alokasi Dana Desa (APBD Kab. Mandailing Natal) mengikutsertakan Kepala Desa dalam Program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai penyelenggara Pemerintahan Desa perlu mendapatkan perlindungan berupa Jaminan Sosial dalam rangka upaya percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Program Jaminan Sosial berupa perlindungan ketenagakerjaan bagi penyelenggara Pemerintahan Desa ini merupakan perhatian khusus Pemerintah Mandailing Natal yang setiap tahunnya direncanakan akan diperluas lagi kepesertaannya (Pemerintahan Desa) dan merupakan amanah dari peraturan perundang-undangan yaitu : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun  2014 tentang Pemerintahan Daerah  sebagaimana telah diubah untuk kedua kalinya dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, dan seterusnya.

BPJSKetenagakerjaan Panyabungan bersama dengan Kejaksaan Negeri Panyabungan, Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mandailing Natal, dan Bagian Hukum Setdakab. Mandailing Natal bersama-sama melakukan sosialisasi kegiatan ini kepada Aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Mandailing Natal yang dikluster menjadi 4, yaitu : di Natal untuk Aparatur Pemerintah Desa yang berasal dari Kecamatan Lingga Bayu, Ranto Baek, Sinunukan, Batahan, Natal, dan Muara Batang Gadis.

Personil yang melaksanakan sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan oleh Bapak Fadly Kurniawan, Bapak Degi Salanda, dan staf.  Kejaksaan Negeri Panyabungan dihadiri oleh Kasi Datun Bapak Edison Sumitro, S.   Personil dari DPMD Kabupaten Mandailing Natal dihadiri oleh Sekretaris Bapak Hasan Asri, SE., Msi., Kasi Aparatur Pemerintahan Desa Bapak Hasan Basri.  Personil dari Bagian Hukum Setdakab. Mandailing Natal dihadiri oleh Kepala Bagian Hukum Bapak Munawar, SH., dan Staf Bapak Riski.

Aparatur Pemerintah Desa yang berasal dari Kecamatan Bukit Malintang yang meliputi Kecamatan Siabu, Bukit Malintang, Naga Juang, Hutabargot, dan Panyabungan Timur dilaksanakan di Bukit Malintang.  Aparatur Pemerintah Desa yang berasal dari Kecamatan Kotanopan, Ulu Pungkut, Tambangan, Pakantan, dan Muara Sipongi dilaksanakan di Kotanopan.  Aparatur Pemerintah Desa yang berasal dari Kecamatan Panyabungan, Panyabungan Utara, Panyabungan Barat, Panyabungan Selatan, Puncak Sorik Marapi, Lembah Sorik Marapi, dan Batang Natal dilaksanakan di Panyabungan.

Kegiatan sosialisasi dimulai dari tanggal 29 April 2019 sd 03 Mei 2019.  Program perlindungan berupa Jaminan Sosial bagi Aparatur Desa, untuk Kabupaten Mandailing Natal dimulai pada Tahun 2019 ini.

 

KECAMATAN NATAL.

29 April 2019.

 

KECAMATAN BUKIT MALINTANG.

30 April 2019.

 

KECAMATAN KOTANOPAN.

2 Mei 2019.

 

KECAMATAN PANYABUNGAN.

3 Mei 2019.

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Mandailing Natal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*