RAPAT PENYAMPAIAN DRAF LAPORAN AKHIR PENELITIAN PEMANFAATAN POTENSI LOKAL DESA DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DESA DI PROVINSI SUMATERA UTARA.

 

 

Medan, 20 Mei 2019.

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Bapak Drs. H. Hadi Ashari Nasution) dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Muhammad Ikbal, S. Psi.) Kab. Mandailing Natal mengikuti Rapat Penyampaian Draf Laporan Akhir Penelitian Pemanfaatan Potensi Lokal Desa Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Desa di Provinsi Sumatera Utara.

Para undangan adalah : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Tapanuli Tengah, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Nagori Simalungun, Langkat, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Deli Serdang, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Padangsidempuan.  Atau yang mewakili.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kab. Dairi, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kab.Mandailing Natal,

Sekretaris, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Fungsional Peneliti pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.

Camat Teluk Mengkudu, Camat Perbaungan, dan Camat Dolok Merawan Kab. Serdang Bedagai.

Kepala Desa Saba Jambu Kec. Panyabungan, dan Kepala Desa Malintang Jae Kec. Bukit Malintang Kab. Mandailing Natal.

Kepala Desa Dolok Merawan  Kec. Dolok Merawan, dan Desa Kuta Baru Kec. Tebing Tinggi Kab. Serdang Bedagai.

Pangulu Nagori Sinar Baru dan Pangulu Nagori Purba Tua Kec. Silimakuta Kab. Simalungun.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Bapak Erwinsyah Harahap.

Disampaikan bahwa acara ini untuk menambah khasanah penelitian maupun masukan-masukan dalam penyempurnaan hasil.  Hasil penelitian didasari atas kunjungan langsung ke daerah Kab./Kota Provinsi Sumatera Utara oleh Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara beberapa bulan yang lalu.

Setelah dibuka, maka acara dipandu oleh Moderator yang berasal dari Akademisi.

Usai memperkenalkan diri dan memberikan kata pengantar, Moderator mempersilahkan Tim Peneliti untuk memaparkan hasil penelitian yang disampaikan oleh Bapak Nur Sugianto.

Potensi Lokal Desa merupakan suatu keadaan yang terdapat pada suatu daerah (Desa) dimana kondisi tersebut dapat dikembangkan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan terhadap daerah itu sendiri.  Untuk dapat meningkatan pertumbuhan ekonomi yang baik, dengan mengedepankan potensi lokal yang dikelola oleh masyarakat sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat secara signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup.  Di sisi lain untuk mendukung percepatan Pembangunan Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia telah menetapkan empat Program Prioritas, yakni pengembangan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades), membangun embung air desa, mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), dan membangun sarana olahraga Desa (Ragadesa).  Kondisi yang terjadi saat ini adalah tidak terciptanya sinergi yang maksimal antara potensi daerah, masyarakat, dan Pemerintah Desa.  Kendala lain yang terjadi bagi produk masyarakat Desa adalah tidak ada akses pasar yang membuat produk Desa diserap pasar.

Rumusan masalah yang disampaikan adalah : Apakah ada potensi Desa yang dapat dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Desa.  Apakah ada regulasi yang mengatur dengan jelas tentang potensi Desa dan pemanfaatannya.  Bagaimana menerapkan kebijakan yang sesuai dengan kondisi Desa untuk mendorong terkelolanya potensi Desa yang ada.  Bagaimana menciptakan partisipasi masyarakat dalam mengelola potensi Desa yang ada.

Tujuan penelitian adalah : Mengetahui dan menganalisis Pemanfaatan potensi Desa yang paling baik dikembangkan di Desa guna meningkatan pertumbuhan ekonomi Desa.  Mengetahui dan menganalisis kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kondisi potensi Desa yang ada.  Memberikan rekomendasi yang tepat kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terkait kegiatan yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan berkembangnya Potensi Lokal Desa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Desa.

Manfaat penelitian yang disampaikan adalah : Makin meningkatnya pemanfaatan Potensi lokal Desa oleh masyarakat Desa  dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Desa.  Memudahkan kebijakan yang akan diterapkan oleh pemerintah pada perdesaan.  Memberikan informasi yang bermanfaat terkait dengan kegiatan pengelolaan potensi Desa.

Sampel penelitian adalah :

  1. Daerah Pantai Barat meliputi Kabupaten Tapanuli Tengah (Kec. Barus Utara : Desa Pananggaran, dan Desa Purba Tua – Kec. Sorkam Barat : Desa Pasar Sorkam, dan Desa Sorkam Kanan – Kec. Badiri : Desa Kebun Pisang, dan Desa Lubuk Ampolu), serta Kabupaten Mandailing Natal (Kec. Siabu : Desa Huta Baringin, dan Desa Pintu Padang Julu – Kec. Bukit Malintang : Desa Malintang, dan Desa Malintang Jae – Kec. Panyabungan : Desa Sarak Matua, dan Desa Saba Jambu).
  2. Daerah Pantai Timur meliputi Kabupaten Labuhan Batu (Kec. Bilah Barat : Desa Tebing Linggahara, dan Desa Janji – Kec. Bilah Hulu : Desa Bandar Tinggi, dan Desa Gunung Selamat, dan – Kec. Pangkalan : Desa Kampung Padang), Kabupaten Serdang Berdagai (Kec. Dolok Merawan : Desa Dolok Merawan, dan Desa Limbong – Kec. : Tebing Tinggi : Kuta Baru, dan Desa Paya Lombang – Kec. Perbaungan : Desa Melati 1, dan Desa Melati 2), serta Kabupaten Langkat (Kec. Pangkalan Susu : Desa Tanjung Pasir, dan Desa Alur Cempedak – Kec. Paya Perupuk : Desa Tanjung Pura, dan Desa Pematang Serai – Kec. Besitang : Desa Sekoci).
  3. Daerah Dataran Tinggi meliputi Kabupaten Tapanuli Selatan (Kec. Marancar : Desa Simaninggir – Kec. Angkola Sangkunur : Desa Rianiate), Kota Padangsidempuan (Kec. Padangsidempuan Tenggara : Desa Labuhan Labu, dan Desa Labuhan Rasoki – Kec. Padangsidempuan Batu Nadua : Desa Aek Bayur, Desa Batang Bahal), serta Kabupaten Simalungun (Kec. Bandar Haluan : Desa Huta II Naga Jaya II – Kec. Silimakuta : Desa Nagori Sinar Baru, dan Desa Pubatua – Kec. Gunung Maleka : Desa Sahkuda Bayu).

Usai sesi tanya jawab dan penyampaian saran pendapat oleh berbagai pihak, maka acara Rapat Penyampaian Draf Laporan Akhir Penelitian Pemanfaatan Potensi Lokal Desa Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Desa di Provinsi Sumatera Utara ditutup oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Bapak Erwinsyah Harahap.

Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada hadirin yang sudah hadir dan yang sudah menyampaikan saran pendapatnya.  Kita tunggu hasilnya.

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Mandailing Natal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*