RAPAT KERJA PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN PEMPROVSU DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA SE-TABAGSEL, KABUPATEN TAPANUI TENGAH, KOTA SIBOLGA, DAN KABUPATEN TAPANULI UTARA.

Rapat Kerja Koordinasi Daerah.

 

Panyabungan, 8 Agustus 2018

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mandailing Natal beserta Badan Perencana Pembangunan Daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan yang di komandoi oleh Wakil Bupati Mandailing Natal Bapak H. Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution, menghadiri Rapat Kerja Koordinasi Daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.  Sebagai tuan rumah Pemerintah Kabupaten Tapanuli  Selatan, yaitu bertempat di KTR. Bupati Tapanuli Selatan Jl. Prof. Lafran Pane – Sipirok, pada hari Selasa, 7 Agustus 2018..

Sebagai dasar pelaksanaan Rapat Kerja Koordinasi Daerah ini adalah Surat Gubernur Sumatera Utara Nomor 005/7812/2018, Perihal : Rapat Kerja Koordinasi Daerah, Tanggal : 1 Agustus 2018.  Inti pokok kegiatan ini adalah Rapat Kerja Pemerintahan dan Pembangunan Pemprovsu. dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Tabagsel, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Gubernur Sumatera Utara Bapak Drs. Eko Subowo, MBA. hadir tanpa diperwakilkan.  Bapak Gubernur Sumatera Utara dalam sambutan menyampaikan apresiasinya yang baik terhadap pelaksanaan Rapat Kerja Pemerintahan dan Pembangunan Pemprovsu. dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Tabagsel, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Pembicara, selain beberapa OPD Pemrovsu yang hadir adalah KOMISI II DPR-RI, BAPAK RAMBE KAMARUL ZAMAN, MSc., MM.  Beliau menyampaikan seputar produk hukum yang merupakan salah satu tugas dari Komisi II DPR-RI.  Selanjutnya KOMISI VII DPR-RI, BAPAK H. GUS IRAWAN PASARIBU, SE., AK. MM, CA.  Beliau menyampaikan seputar energi baru terbarukan di kawasan Sumatera Utara dan upaya-upaya percepatan pembangunannya.

Sementara itu, OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, seperti : Badan Perencanaan Pembangunan Daerah memaparkan “Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019”.  Paparan ini disampaikan oleh Bapak Ir. H. Irman, Msi.

Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Utara memaparkan “Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dalam Menyikapi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014”.  Paparan ini disampaikan oleh Bapak Dr. Drs. Arsyad Lubis, MM.

Dinas Kesehatan Prov. Sumatera Utara memaparkan “Kebijakan & Strategi Pembangunan Kesehatan Provinsi Sumatera Utara”.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Sumatera Utara memaparkan “Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Umum di Daerah”.  Paparan ini disampaikan oleh Bapak Ir. H. Aspan Sofian, MM.

Biro Pemerintahan Setdaprovsu. Memaparkan “Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat dalam Penyelesaian Penegasan Batas Daerah Kabupaten/Kota di Provinisi Sumatera Utara”.  Paparan ini disampaikan oleh Bapak H. Afifi Lubis, SH.

Adapun kesimpulan dan rekomendasi serta penutup acara disampaikan oleh Bupati Tapanuli Selatan Bapak H. Syahrul, M. Pasaribu, SH., yaitu “Kita sesama peserta rapat kerja ini harus berbagi pengalaman, berbagi ilmu, kita juga berbagi koneksi akan terjadi hasil pembangunan.  Apa yang Saya sebut tolong ditangkap semua ini agar akurat semua pembangunan di daerah masing-masing, kita merupakan bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia, pembangunannya meningkat dari waktu ke waktu”.

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Mandailing Natal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*