RAKOR P3MD DAN PID PROVSU. TAHUN 2018 RESMI DITUTUP.

Medan, 3 Oktober 2018.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara Bapak Ir. H. Aspan Sofian, MM., menutup secara resmi pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan Program Inovasi Desa (PID) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018.  Sebelum penutupan beliau menerima Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) atas pelaksanaan dan sebagai hasil dari Rakor yang harus ditindaklanjuti dari Tim P3MD dan PID (Koordinator Nasional PID Bapak Ismail Zainuri, Konsultan Pendamping Wilayah Provinsi Sumatera Utara Bapak Ir. Afdi Marwan, dan Tenaga Ahli Pengembangan Kapasitas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bapak Erwin Lubis).

Dalam pidato penutupannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara menyampaikan juga dalam harapannya agar pelaksanaan P3MD dan PID Tahun 2018 ini telah rampung dilaksanakan untuk semua Kab./Kota se-Sumatera Utara.  Apabila hal ini sukses atas pelaksanaannya, Saya berkeyakinan bahwa untuk tahun mendatang biaya atas pelaksanaan ini akan meningkat yang secara signifakan P3MD dan PID sangat bermanfaat.

Bagi Kab./Kota agar segera menerbitkan SK Tim Inovasi Kabupaten (TIK), melaksanakan Musyawarah Antar Desa (MAD), menerbitkan SK Tim Pelaksana Indovasi Desa, verifikasi berkas, dan mengajukan berkas ke Satker guna pencairan biaya.  Untuk hal ini ditargetkan selesai sampai dengan 10 Oktober 2018.

Apabila pembiayaan telah masuk ke rekening masing-masing, maka segera lakukan sosialisasi dan bursa.

Sebagai informasi tambahan bahwa dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan Program Inovasi Desa (PID) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018, materi-materi yang disampaikan oleh nara sumber adalah tentang : Pemerintahan Desa, Dana Desa, Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), Pajak-pajak atas Dana Desa, Penyaluran Dana Fisik dan DD, Pemilihan Kepala Desa, dan Program Inovasi Desa.

 

By : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*