Misi

Misi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

  1. Mewujudkan kemandirian ekonomi.

Untuk mewujudkan misi tersebut maka Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mandailing Natal memiliki tujuan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, optimalisasi dan sumber daya ekonomi diberbagai sector dengan sasaran memberdayakan dan membangun kemandirian kelembagaan masyarakat dengan pendekatan partisipatif, mengembangkan dan meningkatkan sentra – sentra produksi dalam arti luas, memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya buatan cara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sebagai modal pembangunan. Meningkatkan kualitas pelayanan perdagangan dan jasa, Pengembangan industri mikro, kecil dan menengah dan peningkatan serta pengembangan investasi.

  1. Memenuhi kebutuhan sarana prasarana, infrastruktur, pemukiman dan membuka akses-akses kedaerah-daerah terisolir dan terpencil.

Untuk mewujudkan visi tersebut maka Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mandailing Natal memiliki tujuan meningkatnya pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, pasar dan infrastruktur sosial lainnya. Dengan sasaran pembangunan / pembukaan jaringan jalan kewilayah terisolir dan tertinggal, pemanfaatan sumber – sumber energi baru dan terbarukan, peningkatan saran dan prasarana infrastruktur perhubungan, fasilitas umum dan fasilitas sosial, peningkatan pembangunan jaringan telekomunikasi dan informatika untuk mendekatkan jarak fisik yang berjauhan mengingat luasnya wilayah kabupaten mandailing natal.

  1. Melestarikan adat dan budaya daerah.

Untuk mewujudkan visi tersebut maka Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mandailing Natal memiliki tujuan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan proses pembangunan dengan sasaran pemberdayaan masyarakat adat, penguatan peran lembaga – lembaga adat, pembentukan desa adat, revitalisasi peranan adat dan budaya dalam kehidupan masyarakat.