PERUMUSAN DAN PENETAPAN TAHAPAN PEMILIHAN KEPALA DESA (Pilkades) SERENTAK PERIODE TAHUN 2018 DI KAB. MANDAILING NATAL.

Panyabungan, 29 Oktober 2018.

 

Sejalan dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 membawa pengaruh pada eksistensi Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 19 Tahun 2016 yang merupakan turunan dari 2 (dua) Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia ini yaitu tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa.  Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 19 Tahun 2016 ini merupakan dasar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Periode Tahun 2016.

Revisi Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 19 Tahun 2016 di atas telah diterbitkan dan merupakan dasar pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2018, yaitu Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 46 Tahun 2018 tentang Pemilihan Kepala Desa.  Berkenaan dengan hal ini, dipandang perlu disampaikan/diberitahu serta melakukan rapat-rapat koordinasi ke OPD/Unit Kerja terkait, Camat, dan Perangkat Desa serta BPD yang melaksanakan Pilkades.

Senin, tanggal 29 Oktober 2018, pukul 14.30 WIB bertempat di Aula Kantor Bupati Mandailing Natal dilaksanakan rapat ke-2 tentang Pilkades Serentak Periode Tahun 2018 di Kabupaten Mandaling Natal.  Rapat dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setdakab. Mandailing Natal (Bapak Alamulhaq Daulay, SH.) dan seterusnya dipimpin dan ditutup oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (Bapak Muhammad Ikbal, S. Psi.), dan paparan ataupun presentasi tentang Pemilihan Kepala Desa sekaligus presentasi Perumusan dan Penetapan Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Periode Tahun 2018 di Kab. Mandailing Natal disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bapak  Hasan Asri, SE., M.Si.

Peserta rapat adalah para Camat se-Kabupaten Mandailing Natal, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan/atau Pimpinan Unit Kerja yang akan diangkat sebagai Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten.  Rapat berjalan sebagaimana biasanya, ada interaksi tanya jawab.

Hal-hal yang ditanyakan oleh peserta rapat (Camat Ranto Baek -Bapak Gong Matua-, Camat Bukit Malintang -Bapak Syukur Soripada Nasution-, Camat Panyabungan -Bapak Sejarah Hakim-, Camat Panyabungan Utara -Bapak Idris Batubara-, Bagian Pemerintahan dan Otda Setdakab. Mandailing Natal -Bapak Hanafi-, dan Kaban Kesbangpol. -Bapak Amin-) adalah : sumber data yang dipakai untuk daftar pemilih sementara, batas usia maksimal Bakal Calon Kepala Desa, Bakal Calon Kepala Desa tidak boleh mencalon apabila sudah 3 kali sebagai Kepala Desa berturut-turut dan/atau tidak berturut-turut, pembentukan kepanitiaan di tingkat desa, Calon Kepala Desa lebih dari 5 orang, tentang pembentukan kepanitiaan di tingkat Kabupaten, bagaimana akhir dari Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 19 Tahun 2016, perundang-undangan mana yang dipakai utuk Pilkades Serentak Periode 2018 ini, bagaimana regulasi tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa jika Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 46 Tahun 2018 telah mencabut Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 19 Tahun 2016 dan lain sebagainya.

Semua pertanyaan diberi penjelasan agar peserta dapat memahaminya dengan baik.  Pertanyaan mulai dari sumber data yang dipakai untuk daftar pemilih sementara sampai dengan calon Kepala Desa lebih dari 5 orang, diterangkan sesuai dengan yang termaktub pada Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 46 Tahun 2018 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Penjelasan tentang pembentukan kepanitiaan di tingkat Kabupaten.  Sesuai dengan amanah dari Peraturan Menteri Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 yang diturunkan ke dalam Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 46 Tahun 2018 tentang Pemilihan Kepala Desa bahwa Panitia Kabupaten harus dibentuk melalui Keputusan Bupati, selanjutnya Pembentukan Panitia Desa dibentuk melalui Keputusan BPD.  Gambaran susunan kepanitian Kabupaten (Draft Keputusan) adalah : PEMBINA Bupati Mandailing Natal dan Wakil Bupati Mandailing Natal, PENGARAH Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, KOORDINATOR Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, KETUA Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, SEKRETARIS Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.  ANGGOTA : Kepala Bappeda Kab. Mandailing Natal,   Kapala Satuan Polisi Pamong Paraja Kab. Mandailing Natal, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Kepala Bagian Hukum Setdakab. Mandailing Natal, Kepala Bagian Organisasi Setdakab. Mandailing Natal, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab. Mandailing Natal, Kepala Bagian Umum Setdakab. Mandailing Natal, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas Setdakab. Mandailing Natal, Kabag OPS Polres Mandailing Natal, Kasat Intel Polres Mandailing Natal, Danramil se-Kab. Mandailing Natal, Kapolsek se-Kab. Mandailing Natal, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Mandailing Natal, Camat Lokasi Desa yang Mengikuti Pilkades, Sekretaris Camat Lokasi Desa yang Mengikuti Pilkades, Kasi Perkembangan dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Mandailing Natal, Kasi Aparatur Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Mandailing Natal, Kasi Administrasi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Mandailing Natal, Kasubbag Umum dan Kepegawaian pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Mandailing Natal, Kasubbag Program dan Keuangan pada pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Mandailing Natal, Kasi Pemerintahan pada Kantor Camat Lokasi Desa yang Mengikuti Pilkades, dan Fungsional Umum pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Mandailing Natal.

Penjelasan tentang perundang-undangan mana yang dipakai utuk Pilkades Serentak Periode 2018 ini. Perundang-undangan yang dipakai adalah Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 46 Tahun 2018 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Penjelasan tentang bagaimana regulasi tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa jika Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 46 Tahun 2018 telah mencabut Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 19 Tahun 2016.  Pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2018 tentu setelah melalui proses eksaminasi maupun harmonisasi telah diterbitkan 2 Peraturan Bupati yang berhubungan dengan Kepala Desa,  Nomor 46 untuk Peraturan Bupati tentang Pemilihan Kepala Desa dan Nomor 47 untuk Peraturan Bupati tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.  Tanggal 26 Oktober 2018 kedua Peraturan Bupati ini diundangkan dalam Berita Daerah Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2018 Nomor 46 untuk Peraturan Bupati tentang Pemilihan Kepala Desa dan Nomor 47 untuk Peraturan Bupati tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak bertugas : merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan semua tahapan pelaksanaan pemilihan tingkat kabupaten; Melakukan bimbingan teknis pelaksanaan pemilihan Kepala Desa terhadap Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Desa; Menetapkan jumlah surat suara dan kotak suara; Memfasilitasi pencetakan surat suara dan pembuatan kotak suara serta perlengkapan pemilihan lainnya; Menyampaikan surat suara, kotak suara dan perlengkapan pemilihan lainnya kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa di tingkat desa; Memfasilitasi penyelesaian permasalahan pemilihan Kepala Desa; dan Melaksanakan tugas dan wewenang lain yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati.  Keputusan tentang Panitia Kabupaten ini direncanakan terbit pada tanggal 30 Oktober 2018.

Selanjutnya dipaparkan mengenai tahapan-tahapan yang telah dibuat oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, mulai dari kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini (29 Oktober 2018 sampai dengan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Pilkades serentak (Kabupaten) yaitu pada tanggal 14 sd. 16 Desember 2018.

Lebih jelasnya tahapan tersebut sebagai berikut : Rapat penetapan Pilkades Serentak, Pembentukan Panitia Pilkades Tingkat Desa oleh BPD, Sosialisasi Pilkades Serentak kepada Panitia Pilkades Desa, Menyusun dan menetapkan Daftar Pemilih Sementara, Pengumuman Daftar Pemilih Sementara, Perbaikan/pemutakhiran dan penetapan data Daftar Pemilih Sementara, Pengumuman Daftar Pemilih Tambahan, Pencatatan/penyusunan, dan penetapan data Pemilih Tetap, Pengumuman Daftar Pemilih Tetap, Penyerahan Daftar Pemilih Tetap di Kabupaten, Pencatatan jumlah pemilih tetap di Kabupaten, Pengumuman Pendaftaran Bakal Calon Kades, Pendaftaran Bakal Calon Kades, Verifikasi dokumen Bakal Calon Kades, Tambahan waktu pendaftaran kurang dari 2 Balon, Seleksi tambahan Bakal Calon lebih dari 5 orang, Penetapan dan pengundian Nomor Urut Calon Kades, Pengumuman Nomor Urut Calon Kades, Pelaporan Calon Kades ke Kabupaten, Kampanye, Masa tenang, Hari pemungutan dan penghitungan suara Pilkades, Pencetakan surat suara, Pelipatan surat suara dan penyusunan logistik lainnya, Pendistribusian surat suara an logistik lainnya ke desa, dan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Pilkades serentak (Kabupaten).

Hari ini Senin tanggal 29 Oktober 2018 telah Keputusan Bupati Mandailing Natal Nomor 140/0924/K/2018 tentang Penetapan Desa, Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2018.  Ringkasan dari Keputusan ini adalah waktu hari tanggal pencoblosan adalah pada tanggal 13 Desember 2018 dan Desa yang akan mengikuti Pilkades sebanyak 60 (enam puluh) Desa.

Desa-desa yang ditetapkan untuk melaksanakan Pilkades Serentak Periode Tahun 2018 adalah sebagai berikut :

1 KEC. SIABU 1. SIHEPENG BERAKHIR MASA JABATAN
2. SIHEPENG SADA BERAKHIR MASA JABATAN
3. SIHEPENG DUA BERAKHIR MASA JABATAN
4. SIHEPENG TOLU BERAKHIR MASA JABATAN
5. SIHEPENG OPAT BERAKHIR MASA JABATAN
6. SIHEPENG  LIMA BERAKHIR MASA JABATAN
7. LUMBAN DOLOK DIBERHENTIKAN
8. HUTABARINGIN MENINGGAL DUNIA
2 KEC.  PANYABUNGAN 1.  AEK BANIR BERAKHIR MASA JABATAN
2.  MANYABAR BERAKHIR MASA JABATAN
3.  MANYABAR JAE BERAKHIR MASA JABATAN
3 KEC. KOTANOPAN 1.  GUNUNG TUA SM BERAKHIR MASA JABATAN
2.  HUTADANGKA BERAKHIR MASA JABATAN
4 KEC. BATANG NATAL 1.  HADANGKAHAN BERAKHIR MASA JABATAN
2.  GUO BATU BERAKHIR MASA JABATAN
3.  AEK BARU JULU BERAKHIR MASA JABATAN
4.  BULUSOMA BERAKHIR MASA JABATAN
5.  HUTAPANGAN BERAKHIR MASA JABATAN
6.  AEK NANGALI BERAKHIR MASA JABATAN
7.  AEK NABARA BERAKHIR MASA JABATAN
5 KEC. MUARASIPONGI 1.  TANJUNG LARANGAN BERAKHIR MASA JABATAN
2.  BANDAR PANJANG TUO BERAKHIR MASA JABATAN
6 KEC. NATAL 1.  KAMPUNG SAWAH MENGUNDURKAN DIRI
2.  BUBURAN MENGUNDURKAN DIRI
3.  BINTUAS BERAKHIR MASA JABATAN
4.  SIKARA-KARA IV BERAKHIR MASA JABATAN
5.  PATILUBAN MUDIK BERAKHIR MASA JABATAN
6.  KUN-KUN BERAKHIR MASA JABATAN
7 KEC. BATAHAN 1.  PASAR BATAHAN MANGUNDURKAN DIRI
2  .BATAHAN II BERAKHIR MASA JABATAN
3.  BATAHAN III BERAKHIR MASA JABATAN
4. BATAHAN IV BERAKHIR MASA JABATAN
5.  BATUSONDAT BERAKHIR MASA JABATAN
6.  KAMPUNG KAPAS I BERAKHIR MASA JABATAN
8 KEC. MUARA BATANG GADIS 1.  TAGILANG JULU BERAKHIR MASA JABATAN
2.  SINGKUANG II BERAKHIR MASA JABATAN
3.  TABUYUNG BERAKHIR MASA JABATAN
9 KEC. BUKIT MALINTANG 1.BANGE BERAKHIR MASA JABATAN
10 KEC. PANYABUNGAN UTARA 1.TANJUNG MOMPANG BERAKHIR MASA JABATAN
11 KEC. PANYABUNGAN SELATAN 1. HUTARAJA BERAKHIR MASA JABATAN
12 KEC. PANYABUNGAN BARAT 1. BATANG GADIS JAE BERAKHIR MASA JABATAN
2. RUNDING BERAKHIR MASA JABATAN
KEC. LEMBAH SORIK MERAPI 1. AEK MARIAN BERAKHIR MASA JABATAN
14 KEC. TAMBANGAN 1.  PASTAP BERAKHIR MASA JABATAN
2.  PADANG SANGGAR BERAKHIR MASA JABATAN
3.  LUMBAN PASIR MENINGGAL DUNIA
4.  PANJARINGAN BERAKHIR MASA JABATAN
15 KEC. ULU PUNGKUT 1.  SIMPANG PINING BERAKHIR MASA JABATAN
16 KEC. LINGGABAYU 1.  LANCAT DIBERHENTIKAN
17 KEC. RANTO BAEK 1.  SIMPANG TALAP BERAKHIR MASA JABATAN
2.  DUA SEPAKAT BERAKHIR MASA JABATAN
3.  GONTING BERAKHIR MASA JABATAN
4.  HUTA BARINGIN BERAKHIR MASA JABATAN
5.  GUNUNG GODANG BERAKHIR MASA JABATAN
18 KEC. HUTABARGOT 1.  HUTABARGOT NAULI BERAKHIR MASA JABATAN
2.  SABA PADANG BERAKHIR MASA JABATAN
19 KEC. PAKANTAN 1.  HUTA LANCAT BERAKHIR MASA JABATAN
20 KEC. PUNCAK SORIK MARAPI 1.  HUTA TINGGI MENINGGAL DUNIA
2.  SIBANGGOR JAE BERAKHIR MASA JABATAN
21 KEC. NAGAJUANG 1.  BANUA SIMANOSOR BERAKHIR MASA JABATAN

 

Selanjutnya Bapak Amin Nasution, S. Sos. Kaban. Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Mandailing Natal memberi saran-saran seputar kesuksesan Pilkades ini yang mentitikberatkan atas kehatian-hatian terutama masalah administrasi.

Acara selanjutnya diinformasikan kepada para Camat agar menghadirkan Penjabat Kepala Desa yang Desanya Ikut Pilkades Serentak Tahun 2018 melalui Camat, yaitu kepada 60 (enam puluh) Penjabat Kepala Desa se-Kabupaten Mandailing Natal dengan maksud untuk memberi penjelasan-penjelasan serta persamaan persepsi terhadap pelaksanaan Pilkades Serentak Periode Tahun 2018 seperti masalah regulasi, administrasi, implementasi, dan lain-lain.  Acara rapat direncanakan pada hari Rabu, tanggal 31 Oktober 2018, pukul 14.30 WIB sd. bertempat di Aula Kantor Bupati Mandailing Natal.

Akhirnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mandaling Natal Bapak Muhammad Ikbal, S. Psi. menutup Rapat dengan kesimpulan kesepakatan terhadap tahapan-tahapan yang telah disampaikan atau yang dipaparkan oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mandaling Natal Bapak Hasan Asri, SE., M.Si.

 

INFORMASI :

Rangkaian acara selanjutnya adalah, Panitia Pilkades Kabupaten akan melakukan Bimbingan Teknis/Sosialisasi pelaksanaan Pilkades Serentak Periode Tahun 2018 kepada Panitia Pilkades Tingkat Desa yang dibagi ke dalam 3 wilayah.

WILAYAH I.  Desa yang melaksanakan Pilkades Tahun 2018 dari Kec. Siabu, Kec. Panyabungan,  Kec. Panyabungan Utara, Kec. Panyabungan Selatan,  Kec. Kec. Panyabungan Barat, Kec. Bukit Malintang, Kec. Lembah Sorik Marapi, Kec. Huta Bargot, Kec. Puncak Sorik Marapi, dan Kec. Naga Juang.  Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Nopember 2018, pukul : 09.00 WIB sd. selesai bertempat di Aula Kantor Camat Panyabungan Utara.

WILAYAH II.  Desa yang melaksanakan Pilkades Tahun 2018 dari Kec. Tambangan, Kec. Ulu Pungkut, Kec. Kotanopan, Kec. Batang Natal, Kec. Muara Sipongi, dan Kec. Pakantan.  Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 5 Nopember 2018, pukul : 09.00 WIB sd. selesai bertempat di Aula Kantor Camat Kotanopan.

WILAYAH III.  Desa yang melaksanakan Pilkades Tahun 2018 dari Kec. Natal, Kec. Batahan, Kec. Muara Batang Gadis, Kec. Lingga Bayu, dan Kec. Ranto Baek.  Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Nopember 2018, pukul     : 09.00 WIB sd. Selesai bertempat di Aula Kantor Camat Natal.

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mandaling Natal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*