PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) XXVI TINGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2019 DI LAPANGAN BOLA AEK KOTA BATU, LINTAS SUMATERA KECAMATAN NA IX-X, KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA

 

Na IX-X, 5 September 2019.

 

Sebagai dasar keiukutsertaan Kab. Mandailing Natal dalam acara ini adalah : Dasar Surat Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara Nomor : 136/Skr/PKK-Prov/VIII/2019 tanggal 28 Agustus 2019 Perihal menghadirkan Pemenang, Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal Nomor : 411.4/2650/DPMD/2019 tanggal 30 Agustus 2019 Perihal Menghadirkan Pemenang; dan Surat Perintah Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mandailing Natal Nomor :  094/955/SPT/2019, tanggal 03 September 2019 kepada Tim Penggerak PKK Desa Pemenang Lomba Desa Binaan PHBS Desa Usor Tolang Kecamatan Kotanopan Desa Binaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Desa Gunung Tua SM  dan Desa Binaan Posyandu,Desa Botung Kecamatan Kotanopan.

Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Bola Aek Kota Batu, Jl. Lintas Sumatera Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhan Batu Utara yang dilaksanakan pada tanggal 5 September 2019.

Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 05 September 2019 di Lapangan Bola Aek Kota Batu Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhan Batu Utara. Rangkaian kegiatan dimulai sejak tanggal 04 September 2019 berupa Gelar Dagang dan Pameran oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara. Acara dihadiri Gubernur didampingi Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara dan Undangan lainnya. Acara diawali dengan  Tarian Persembahan oleh Pelajar  SMA dilanjutkan menyanyikan bersama Lagu Indonesia Raya, Lagu Mars Keluarga Berencana dan Lagu Mars PKK.

Laporan Ketua Panitia oleh Kepala Dinas Perencanaan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Ibu Hidayati, bahwa Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 mengangkat Tema ““Hari Keluarga, Hari Kita Bersama” SubTema diantaranya ”Dengan Semangat 26 Tahun Harganas, Momentum Bersama Meraih Generasi Emas 2045 dan Menghasilkan Generasi Anak Bangsa yang Bermartabat dan Unggul”. Adapun tujuannya adalah untuk memotivasi perencanaan keluarga dan perencanaan pembangunan serta mengembalikan fungsi keluarga. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan beberapa perlombaan, bedah rumah dan bantuan lainnya.

Bupati Labuhan Batu Utara H. Kharuddin Syah, SE dalam sambutannya  menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih  kepada  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah memberikan keprcayaan  kepada Kabupaten Labuhan Batu Utara sebagai tuan rumah Harganas Tingkat Provinsi Sumatera Utara dan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang ikut mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi, dalam sambutannya  beliau menyampaikan keluarga adalah  lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang anak , tempat memanamkan nilai moral dan pembentukan karakter individu. Oleh karena  peran keluarga sangat menentukan  kualitas bangsa.

Membina dan menjaga keluarga wajib bagi setiap orang, membangun keluarga itu jihad  artinya penuh perjuangan tetapi harus dijalani, menurut beliau pembinaan keluarga bisa dimulai dari “meja makan”, karena di meja makan akan terjalin komunikasi tempat mendengar keluh kesah anggota keluarga dan pemberian nasihat langsung. Beliau mengibaratkan rumah tangga jangan dijadikan seperti kuburan karena sepi, janga seperti rumah sakit  kurang kebahagiaan dan jangan seperti pasar yang ramai. Hari Keluarga Nasional diperingati dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya keluarga dan beliau mengajak kepada masyarakat yang hadir untuk kembali ke meja makan untuk membangun komunikasi sesama anggota keluarga. Demikian Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga BKKBN Republik Indonesia,  DR. Dr. M. Yani, M.Kes dalam sambutannya menekankan pada 8 (delapan) fungsi keluarga.

Dalam ranga Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan beberapa perlombaan yang berkaitan dengan Program PKK Pengumuman pemenang lomba  dan penyerahan hadiah lomba diantaranya Lomba Pelaksana Terbaik Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Lomba Posyandu dan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018/2019. Untuk Kategori Kabupaten TP PKK Kabupaten Mandailing Natal meraih Juara III Pelaksana Terbaik Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, Desa Binaan Usor Tolang Kecamatan Kotanopan, Juara Harapan I Desa Binaan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan,  Desa Gunung Tua SM Kecamatan Kotanopan dan Juara Harapan II Desa Binaan Posyandu,Desa Botung Kecamatan Kotanopan. Penyerahan Piala, Piagam dan Hadiah Oleh Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi Diterima oleh Ketua TP.PKK Desa Pemenang Lomba didampingi TP.PKK Kabupaten Mandailing Natal.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal menghadiri Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Bola Aek Kota Batu Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhan Batu Utara sekaligus mendampingi Ketua TP.PKK Desa Pemenang Lomba Desa Binaan PHBS, Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes dan Posyandu.

Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 telah diumumkan hasil penilaian Perlombaan Desa Binaan Pelaksana Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018/2019 untuk Kategori Kabupaten, TP.PKK Kabupaten Mandailing Natal meraih Juara III Desa Binaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Desa Usor Tolang Kecamatan Kotanopan, Juara Harapan I Desa Binaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes, Desa Gunung Tua SM Kecamatan Kotanopan dan Juara Harapan II Desa Binaan Posyandu, Desa Botung Kecamatan Kotanopan.

 

Jaya PKK Madina.

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kab. Mandailing Natal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*