PENYALURAN DANA DESA TAHAP II TAHUN 2018 DAN PENGELOLAAN APLIKASI OM-SPAN DI LEVEL DINAS TERKAIT TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA TAHUN 2018.

Laporan tentang Koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mandailing ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Padangsidempuan.

 

Panyabungan, 19 Juli 2018.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mandailing Natal, Muhammad Ikbal, S. Psi., beserta Staf pada hari Rabu, tanggal 18 Juli 2018 melakukan koordinasi ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Padangsidempuan dalam rangka pengelolaan aplikasi OM-SPAN di level dinas terkait terhadap pengelolaan Dana Desa Tahap II Tahun 2018 untuk Kabupaten Mandailing Natal.

Sebagai dasar surat atas koordinasi ini adalah Surat Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Utara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Padangsidempuan Nomor S-00644/WPB.02/ KP.0504/2018 tanggal 17 Mei 2018 tentang Penyaluran Dana Desa Tahap II Tahun 2018.

OM-SPAN (Online Monitoring System Perbendaharaan dan Anggaran Negara) adalah aplikasi berbasis web yang dapat diakses melaui jaringan internet dan internet yang digunakan untuk melakukan monitoring transaksi SPAN dan menyajikan reporting sesuai kebutuhan.

Konsep aplikasi memindahkan data dari server SPAN sesuai kebutuhan, penarikan data bersifat incremental baik dilakukan dengan menjalankan batch dalam setiap jam maupun batch pada akhir hari.  Dengan aplikasi ini, user pada KPPN/Satker tidak perlu melakukan akses langsung ke system SPAN tapi dapat menggunakan komputer lain/mobile device.

Aplikasi OM-SpaN dapat diakses dengan mengetikkan alamat web http://spanin.kemenkeu.go.id pada brouser di komputer/laptop/smartphone yang tersambung dengan internet.  Untuk login ke dalam aplikasi tersebut, telah disediakan user dan password untuk Satker per DIPA.  User dan password dapat diperoleh dengan terlabih dahulu mengajukan persyaratan dengan format dan lampiran sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktorat Perbendaharaan Nomor PER-41/PB/2014 tentang Penggunaan Aplikasi Online Monitoring System Perbendaharaan dan Anggaran Negara.

Mengingat aplikasi berbasis web sangat banyak jumlahnya dan sangat variatif kegunaannya, sehingga tidak memungkinkan aplikasi OM-SPAN untuk Kabupaten Mandailing Natal hanya dengan 1 (satu) user dan 1 (satu) password.  Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan tertib administrasi dan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab bahwa user dan password untuk DPMD tersendiri yang akan diperoleh lewat permintaan kepada KPPN.

Dengan segala kelebihan dan keterbatasan sarana maupun prasarana pengoperasian aplikasi OM-SPAN akan dioptimalkan pemakaiannya dalam rangka peningkatan tertib administrasi keuangan negara/daerah.

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Mandailing Natal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*