PEMERINTAHAN DESA TABUYUNG KEC. MUARA BATANG GADIS.

Penunjukan Penjabat Kepala Desa Tabuyung Kec. Muara Batang Gadis.

 

Panyabungan, 28 September 2018.

 

Rapat dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 28 September 2018 pukul 14.30 bertempat di Aula Kantor Bupati Mandailing Natal.  Rapat dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Bapak Alamulhaq Daulay, SH.).  Dilanjutkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapak Muhammad Ikbal, S. Psi.), Sekretaris Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Hasan Asri Batubara), dan Kasi Administrasi Desa (Anjur Brutu).  Hal-hal yang disampaikan adalah seputar ruginya Desa Tabuyung jika sampai saat ini tidak ada Penjabat Kepala Desa.  Kemungkinan dapat berimbas kepada ADD/DD tahun anggaran berikutnya.  Silahkan berkompetisi pada Pilkades yang direncanakan pada bulan Nopember nanti.

Rapat dihadiri oleh 4 anggota BPD dari 9 BPD, perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat.  Anggota DPRD Dapil IV seyogianya menghadiri ternyata absen (bersamaan dengan pelaksanaan acara Pengesahan P-APBD Kab. Mandailing Natal TA. 2018 di DPRD Kab. Mandailing Natal).  Sdr. Teguh, W., Hasahatan menyempatkan datang dan pamit menuju gedung Kantor DPRD Kab. Mandailing Natal.  Undangan telah disampaikan oleh staf dan telah dikonfirmasi kembali oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk memastikan undangan sudah diterima dan sudah memaklumi maksud dan tujuan rapat ini.

BPD (3 orang), dan Tokoh Masyarakat sangat berterima kasih atas niat baik Pemerintah Kabupaten.  Kiranya ke depan hal-hal seperti ini tidak terulang kembali, mari kita jaga situasi yang kondusif di Desa Tabuyung.  Hidup berdampingan tanpa konflik, dan pihak Kabupaten pun dapat memperhatikan Desa Tabuyung dengan seadil-adilnya.  Masyarakat Desa Tabuyung sudah merasa banyak dirugikan akibat dari diskomunikasi, prokontra antar BPD dalam menentukan Penjabat Kepala Desa yang baru.  Imbasnya adalah masyarakat sangat sulit mendapatkan haknya dalam pengurusan data kependudukan dan administrasi lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Satu orang BPD masih bersikeras dengan pandangannya, agar pihak Kabupaten tidak memilih lagi 2 PNS yang diusulkan oleh 2 kelompok yang berbeda, yaitu jangan Julmadi dan jangan Muhammad Dahlan.  Kabupaten silahkan memilih dan menetapkan di luar pilihan yang 2 ini.

Akhirnya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menutup rapat dengan keputusan sdr. Muhammad Dahlan, S. Sos. Sekcam Muara Batang Gadis sebagai Penjabat Kepala Desa Tabuyung.  Kepada Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa agar segera membuat laporan dan mengajukan Surat Keputusan penunjukan sdr. Muhammad Dahlan, S. Sos. sebagai Penjabat Kepala Desa Tabuyung Kec. Muara Batang Gadis Kab. Mandailing Natal.

Saat ini Dinas PMD sedang menaikkan laporan dalam bentuk Nota Dinas kepada pimpinan, sekaligus mempersiapkan Draft Penetapat Penjabat Kepala Desa Tabuyung, selanjutnya diteruskan ke Bagian Hukum Setdakab. Mandailing Natal untuk proses harmonisasi.

 

By : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*