PELAKSANAAN IDENTIFIKASI PADA CALON LOKASI BANTUAN PEMBANGUNAN EMBUNG DESA SKALA KECIL DESA MOMPANG JULU DAN MUARA SIAMBAK TAHUN ANGGARAN 2019.

 

 

Panyabungan, 14 Mei 2019.

 

Embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sunga, danau).  Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan.  Embung menampung air hujan di musim hujan dan lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau.

Hingga saat ini sebagian besar Desa di Indonesia memang masih menjadikan bidang pertanian sebagai tumpu dalam menghidupi ekonomi warga.  Oleh karenanya embung menjadi prioritas Desa-Desa.  Pemenuhan kebutuhan air bakal menciptakan lompatan ekonomi karena bisa meningkatkan volume dan hasil pertanian.  Ditargetkan, dengan memiliki embung Desa-Desa itu bakal bisa panen sebanyak tiga kali dalam setahun.

Tahun Anggaran 2019 ini, Desa Mompang Julu Kec. Panyabungan Utara dan Desa Muara Siambak Kec. Kotanopan Kab. Mandailing Natal atas prakarsa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama-sama dengan Tenaga Ahli Pembangunan Masyarakat Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan masing-masing Desa tersebut mengusulkan kepada Direktorat Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Berdasarkan Surat Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 168/PMD/03.03/III/2019, tanggal 11 Maret 2019, perihal : Pelaksanaan Identifikasi pada Calon Lokasi Bantuan Pembangunan Embung Desa Skala Kecil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Mandailing Natal bersama-sama dengan Tenaga Ahli Pembangunan Masyarakat (TAPM), Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kab. Mandailing Natal mendampingi Kunjungan Tim Direktorat Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa untuk Kegiatan Identifikasi Kelayakan Lokasi pada Desa Mompang Julu Kec. Panyabungan Utara dan Desa Muara Siambak Kec. Kotanopan Kab. Mandailing Natal dengan untuk pelaksanaan identifikasi pada calon lokasi bantuan pembangunan embung desa skala kecil.

Dimulai di Desa Mompang Julu Kec. Panyabungan Utara.  Pada tanggal 13 Mei 2019  Tim tiba dan difasilitasi Dinas PMD (Muhammad Ikbal, dan staf) serta Infrastruktur Desa TAPM P3MD (Bapak Irwansyah) bersama-sama dengan masyarakat Desa, PPL Pertanian, BP3,  dan lain-lain.

Calon embung Desa Mompang Julu direncanakan akan mengairi lahan pertanian seluas ± 35 (tiga puluh lima) Ha. yang terletak di dataran tinggi Desa Mompang Julu, posisi timur perkampungan.  Selain untuk pengairan pertanian, air ini juga nantinya akan dimanfaatkan sebagai air bersih sekaligus tambahan pasokan untuk keperluan masjid.

Keesokan harinya, tanggal 14 Mei 2019 Tim Kementerian bersama DPMD, P3MD, dan Dinas PU menuju target, yaitu Desa Muara Siambak Kec. Kotanopan dan di sana telah menunggu Kades, BP3 Mandailing Julu, PPL Dinas Pertanian dan Masyarakat.  Berjalan melewati jembatan, menaiki setapak demi setapak untuk mendapatkan calon lokasi embung.

Embung bagi masyarakat Desa Muara Siambak untuk mengairi lahan pertanian, yang selama ini pasokan airnya sangat minim, sangat terasa apabila musim kemarau.  Sumber air didapat pada daerah pengunungan ± 100 M dari jalan umum, dan diperkirakan mampu mengairi lahan pertanian masyarakat seluas ± 15 (lima belas) Ha.  Selain untuk pengairan pertanian, air ini juga nantinya akan dimanfaatkan sebagai air bersih sekaligus tambahan pasokan untuk keperluan masjid.

Menurut informasi dari Tim, apabila Kementerian menyetujui usulan embung Desa ini, bulan Juni 2019 akan dilaksanakan penandatanganan MoU di Kementerian antara lain: Kepala Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi/Kab. dan lain-lainnya yang berkepentingan.

Selanjutnya dalam pembangunan embung Desa, tanah yang merupakan tempat embung Desa sudah harus tersedia, dapat dihibahkan ke Desa, dan aliran sungainya tidak boleh bersinggungan (satu aliran) dengan aset lainnya walau sama-sama aset negara.  Hal ini telah diatur dalam perundang-undangan tentang Pengelolaan Keuangan Desa (Permendagri. Nomor 20 Tahun 2018 sebagaimana telah diatur menjadi Perbup. Mandailing Natal Nomor 5 Tahun 2019), yaitu operasional yang bersumber dari APBDesa.

 

 

DESA MOMPANG JULU.

 

DESA MUARA SIAMBAK.

by :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Kab. Mandailing Natal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*