KEGIATAN MONITORING DESA/KELURAHAN PELAKSANA TERTIB ADMINISTRASI PKK, PAAR, UP2K PKK, HATINYA PKK, IVA TEST, KESATUAN GERAK PKK KB-KESEHATAN DAN POSYANDU TAHUN 2018 DI KABUPATEN MANDAILING NATAL.

Panyabungan, 1 September 2018.

 

Sebagai tindak lanjut Telex Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara Nomor : 68/Skr/PKK-Prov/VII/2018 tanggal 24 Juli 2018 Perihal Monitoring Desa/Kelurahan Pelaksana Tertib Administrasi PKK, PAAR, UP2K PKK, Hatinya PKK, IVA Test, Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan dan Posyandu Tahun 2018, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Mandailing Natal melakukan hal-hal sebagai berikut :

Hari Jum’at tanggal 24 Agustus 2018 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang terdiri dari Kepala Dinas (Muhammad Ikbal, S. Psi), Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Sosial Budaya (Dra. Wahida Saleh), Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat (MHD. Nasir), Kepala Seksi Sosial Budaya dan PKK (Siti Rahmah Ritonga), Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian (Zamruddin Rangkuti), dan 2 (dua) staf melakukan survey lokasi untuk kegiatan monitoring Desa/Kelurahan di Kabupaten Mandailing Natal. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa memilih 5 (lima) kategori lomba untuk dimonitoring, yaitu Desa Sayur Maincat Kec. Kotanopan untuk kategori lomba Hatinya PKK, Desa Muara Botung Kec. Kotanopan untuk kategori lomba Tertib Administrasi, Saba Jior Kec. Panyabungan Barat untuk kategori lomba Pola Asuh Anak dan Remaja, Desa Lumban Pasir Kec. Panyabungan untuk kategori lomba IVA Test, dan Desa Rumbio Kec. Panyabungan Utara untuk kategori lomba UP2K-PKK.

Sampai dengan selesai dalam pelaksanaan survey ini kira-kira 10 (sepuluh) jam.

Tim Monitoring Provinsi Sumatera Utara berjumlah 7 (tujuh) orang, berangkat dari Medan tanggal 29 Agustus 2018 pagi hari diperkirakan tiba di Panyabungan Ibukota Kab. Mandailing Natal pada sore harinya.

Tanggal 30 Agustus 2018 Pukul 09.00 WIB di 5 (lima) Tim Monitoring yang dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok berangkat menuju Desa Binaan sesuai dengan kategori lomba, yaitu Kategori lomba Hatinya PKK, yaitu Desa Sayur Maincat Kec. Kotanopan (OPD yang telah dihubungi secara informal untuk pendampingan sekaligus penyediaan transportasi Tim ialah Dinas Pertanian).  Dapat diinformasikan Desa Sayur Maincat merupakan pusat kegiatan Monitoring Desa/Kelurahan Tahun 2018 untuk Kab. Mandailing Natal.

Kategori lomba Tertib Administrasi, yaitu Desa Muara Botung Kec. Kotanopan (OPD yang mendampingi sekaligus penyediaan transportasi Tim ialah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa).

Kategori lomba Pola Asuh Anak dan Remaja, yaitu Saba Jior Kec. Panyabungan Barat (OPD yang telah dihubungi secara informal untuk pendampingan sekaligus penyediaan transportasi Tim ialah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).

Kategori lomba IVA Test, yaitu Desa Lumban Pasir Kec. Panyabungan (OPD yang telah dihubungi secara informal untuk pendampingan sekaligus penyediaan transportasi Tim ialah Dinas Kesehatan).

Kategori lomba UP2K-PKK, yaitu Desa Rumbio Kec. Panyabungan Utara (OPD yang telah dihubungi secara informal untuk pendampingan sekaligus penyediaan transportasi Tim ialah Dinas Koperasi).

Usai keseluruhan rangkaian acara, TP.PKK Kabupaten dan Provinsi bergabung di Rumah Dinas.  Di sini, Ibu Ketua TP.PKK Kabupaten dan Provinsi telah menunggu untuk pergi bersama-sama melihat secara dekat Taman Raja Batu, Taman Sirisiri Syariah, Panatapan, Areal pertapakan RSUD Mandailing Natal, dan diakhiri ke Puncak Muhasabah.

By : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*