TIM PROVINSI SUMATERA UTARA EVALUASI LOMBA PAAR (POLA ASUH ANAK REMAJA) PENUH CINTA KASIH TAHUN 2018 DI DESA SABAJIOR KEC. PANYABUNGAN BARAT.

Panyabungan, 6 Nopember 2018.

 

Tanggal 17 Oktober 2018, dengan Surat Ketua TP.PKK Provsu. (Ny. Nawal Edy Rahmayadi) dengan Nomor 125/SKR/PKK Prov/X/2018, memberitahukan bahwa Tim Provinsi akan berkunjung ke Kabupaten Mandailing Natal untuk melakukan evaluasi.  Hari ini, Tim yang dimaksud telah tiba ke Desa Sabajior Kec. Panyabungan Barat Kab. Mandailing Natal untuk melakukan evaluasi.  Selain untuk Desa Sabajior, Desa Sayur Maincat Kec. Kotanopan, juga dievaluasi.

Susunan acara pada evaluasi ini adalah : Pembukaan, Do’a, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PKK oleh TP.PKK Desa, Kata Sambutan Kepala Desa, Laporan Singkat Ketua TP.PKK Desa, Penampilan Paud (Ayat-ayat pendek Al-Qur’an dan Tarian), Penampilan Drama Remaja, Arahan dan Bimbingan Ketua TP.PKK Kabupaten, Senam Lansia, Bimbingan Dan Arahan Bupati Mandailing Natal, Kata Sambutan Tim Evaluasi Provinsi, Simulasi (Yel-yel PAAR dan Bina Keluarga Balita).

Ketua TP.PKK Kab. Mandailing Natal Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution mengharapkan, atas upaya yang telah dilakukan masyarakat Desa Sabajior bersama-sama dengan OPD Kab. Mandailing Natal dalam membina menuju Pola Asuh Anak Remaja seperti penyuluhan-penyuluhan tentang pemberdayaan perempuan, minat baca, bahaya narkoba, Keluarga Berencana, dan lain-lain agar masuk dalam nominasi yang terbaik untuk tingkat Sumatera Utara Tahun 2018.  Dan hendaknya Pola Asuh Anak Remaja ini tetap bertahan di Desa Sabajior walau Tim Evaluasi sudah kembali.  Tidak hanya berakhir sampai masa evaluasi.

Arahan dan bimbingan Bupati Mandailing Natal disampaikan oleh Sekdakab. Mandailing Natal.  Bapak Drs. MHD. Syafei Lubis, M.Si.  Beliau mengatakan bahwa Desa Sabajior Kec. Panyabungan Barat sebagai Kategori Lomba Pola Asuh Anak Remaja termasuk salah satu Desa Binaan yang layak untuk dievaluasi di tingkat Sumatera Utara Tahun 2018, menunjukkan bahwa Desa Sabajior sebagai pilot project Pola Asuh Anak Remaja untuk daerah-daerah lainnya di Kabupaten Mandailing Natal pada khususnya.  Selanjutnya, mari Kita budayakan pemakaian musik daerah.  Sudah lama Kami bersama Bapak Bupati membicarakan agar musik daerah sebagai pengiring musik dalam senam.  Baru kali inilah terlaksana, di Desa Sabajior yaitu yang dilakukan dalam mengiringi senam yang dilakoni oleh lansia tadi.

Berdasarkan penampilan-penampilan masyarakat Desa Sabajior termasuk kemampuan membaca Al-Qur’an, tarian, simulasi, drama, dan lain-lain merupakan bahan pemahaman bagi Tim Evaluasi sejauh mana Desa Sabajior dibina, dan sejauh mana Desa Sabajior mampu menerapkan apa yang telah dibina tersebut.

Tim Pemprovsu. dalam evaluasinya menyampaikan bahwa peran OPD sangat menentukan menjadi Desa Terbaik Kategori Lomba Desa Binaan.  Selain pembinaan-pembinaan, papan merek yang dipasang secara permanen dengan pesan-pesanya seperti pesan-pesan dari Kependudukan, Keluarga Berencana, Masalah Narkoba, Gemar Membaca, dan lain-lain.

Selanjutnya Tim menyampaikan jenis-jenis pola asuh, yaitu pola asuh otoriter, demokratis, pola asuh tanpa kendali, dan pola asuh perlindungan yang berlebihan kembali dijelaskan agar masyarakat Desa Sabajior lebih memahami betapa pentingnya pola asuh yang dapat mendekatkan hubungan kehangatan antara anak dengan orangtua, dan antara orangtua dengan anak.

Pola Asuh didefinisikan sebagai usaha orangtua dalam membina anak dan membimbing anak baik jiwa maupun raganya sejak lahir sampai dewasa (18 tahun).  Selain itu, yang dimaksud dengan pola asuh adalah kegiatan kompleks yang meliputi banyak perilaku spesifik yang bekerja sendiri atau bersama-sama yang memiliki dampak pada anak. Tujuan utama pola asuh yang normal adalah menciptakan kontrol

Akhir evaluasi, Ketua TP.PKK Desa Sabajior dibantu beberapa anggota PKK berupaya meyakinkan Tim agar menjadi yang terbaik di Sumatera Utara Tahun 2018.

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Mandailing Natal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*