KADER PKK MANDAILING NATAL IKUT JAMBORE KADER PKK TINGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2019

Di Le Polonia Hotel, JL. Jendral Sudirman NO. 14-18 Medan.

 

 

Medan, 26 Agustus 2019.

Tim Penggerak PKK (TP.PKK) Kabupaten Mandailing Natal mengikutkan Kader PKK Desa dalam kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara dari tanggal 22 sd. 24 Agustus 2019 bertempat di Le Polonia Hotel Jl. Sudirman 14-18 Medan.

Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara oleh Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi selaku Ketua Pembina PKK Provinsi Sumatera Utara ditandai dengan pemukulan Gong, didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara dan Beberapa OPD Provinsi yang ikut hadir dalam acara Pembukaan tersebut.

Dalam Kata Sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan PKK Sumatera Utara memperoleh gelar Juara Umum Tingkat Nasional, satu persatu mari mulai kita kembalikan kejayaan Sumatera Utara ini.  PKK sudah mengharumkan Sumatera Utara dan ke depan harus ditingkatkan prestasinya, PKK Kabupaten/Kota terus berkarya agar makin banyak manfaat yang diperoleh masyarakat.

Beliau juga mengajak para Kader PKK mengenang asal mula terbentuknya PKK di Indonesia, yang bermula dari keperihatinan isteri Gubernur Jawa Tengah melihat keadaan masyarakatnya yang saat itu mengalami penyakit Busung Lapar.  PKK dibentuk dengan 10 Programnya untuk mencegah kondisi keluarga terhindar dari penyakit busung lapar dan permasalahan keluarga lainnya.

Ketua TP.PKK Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi dalam sambutannya beliau mengucapkan “Selamat datang kepada seluruh Ketua dan Anggota TP.PKK Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara”.  Jambore Kader PKK sebagai ajang Silahturahmi dan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan.

Selanjutnya dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional ke-47 Tahun 2019 di Padang Sumatera Barat pada bulan Juli lalu, TP.PKK Provinsi Sumatera Utara meraih gelar Juara Umum Tingkat Nasional dengan mengikuti Perlombaan Desa Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Penuh Cinta dan Kasih, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Pemanfaatan Pekarangan (HATINYA) PKK dan IVA Test Tahun 2018.

Keberhasilan ini atas kerja keras para Kader PKK Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.  Dengan demikian PKK telah berpartisipasi membantu Pemerintah melaksanakan tugas-tugasnya dalam mewujudkan ketahanan keluarga.  Beliau juga menyampaikan Juara Umum yang selama ini dipegang TP.PKK di wilayah pulau Jawa, saat ini telah berpindah ke Provinsi Sumatera Utara.  Beliau mengajak Kader PKK Kabupaten/Kota wujudkan inovasi-inovasi agar apa yang diperoleh saat ini dapat dipertahankan dan lebih baik lagi ke depan.

Puncak acara Jambore Kader PKK diisi dengan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi  PKK,  PAAR Penuh Cinta dan Kasih, UP2K PKK, Hatinya PKK dan Iva Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018.  Untuk Kategori Kabupaten, TP.PKK Kabupaten Mandailing Natal meraih Juara I Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Pekarangan/HATINYA PKK, yaitu Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan dan Juara Harapan III Pelaksana Terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Penuh Cinta dan Kasih yaitu Desa Sabajior Kecamatan Panyabungan Barat.  Diterima langsung oleh Ketua TP.PKK Desa masing-masing dan didampingi oleh Ketua TP.PKK Kabupaten Mandailing Natal dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua III TP.PKK Ny. Sajulina Syahnan Batubara.

Wakil Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah selaku Ketua Panitia dalam laporannya menympaikan bahwa Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara mengangkat Tema “Tertib Administrasi PKK” dengan Sub Tema Sukseskan Tata Kelola Administrasi Menuju PKK Unggul dan Bermartabat.

Kegiatan ini agenda rutin Temu Kader PKK dan upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas  para kader melalui perlombaan-perlombaan.  Dalam Hal ini Kader PKK Desa Lumban Pasir Kecamatan Panyabungan, Kader PKK Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan, Kader PKK Desa Sabajior, Kader PKK Desa Rumbio Kecamatan Panyabungan Utara dan Kader PKK Desa Hutabangun Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal mengikuti lomba Parade Etnik Sumatera Utara Penyuluhan Tertib Administrasi PKK dan Administrasi Pokja I-IV.

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kab. Mandailing Natal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*