BANGUNAN GEDUNG KANTOR DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN MANDAILING NATAL TERBAKAR.

Panyabungan, 13 September 2018.

Bangunan gedung kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mandailing Natal pada tanggal 12 September 2018 terbakar, hangus dilalap sijago merah.  Dalam kejadian ini, semua peralatan seperti meubilair, ATK, alat-alat kerja, mesin kantor, alat elektronik, dan lain sebagainya habis ludes terbakar, termasuk berkas dan dokumen.  Tidak satupun yang dapat diselamatkan.  Sama situasi dan kondisinya di setiap ruangan.

Informasi tentang kebakaran ini diketahui oleh Kadis PMD dari sesama warga Cemara sekitar pukul 06.00 WIB hari Rabu, 12 September 2018.  Kira-kira 10 menit kemudian, Kadis PMD tiba di Tempat Kejadian Perkara dan melihat kira-kira sudah 90% keadaan terbakar terpadamkan oleh Pemadam Kebakaran Kabupaten Mandailing Natal.  Kejadian begitu cepat terjadi.

Hal-hal yang telah dilakukan sampai dengan pukul 10.00 WIB antara lain, melapor secara lisan kepada Pimpinan, Bapak Sekdakab., Bapak para Asisten, beberapa teman sejawat Kaban BPBD, Kadis Sosial, PLN, Polsek Panyabungan, dan Polres Mandailing Natal.  Selanjutnya melakukan Rapat Staf seputar langkah-langkah yang harus ditempuh terutama pembuatan konsep surat resmi dalam kaitannya dengan insiden ini serta upaya yang harus dilakukan agar tugas-tugas rutin ke-PMD-an berjalan sebagaimana mestinya.

Kira-kira pukul 10.00 WIB Tim dari Reskrim Polres Mandailing Natal yang dipimpin langsung oleh Kasat tiba di Tempat Kejadian Perkara guna olah TKP dan pemasangan Police Line.  InsyaAllah hari ini Kamis, 13 September 2018 pukul 08.00 berangkat menjemput Tim Laboratorium Forensik Poldasu ke Bandara Aek Godang Gunungtua Kab. Padang Lawas Utara.

Dugaan sementara, insiden kebakaran gedung kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa disebabkan oleh gangguan listrik.  Dugaan-dugaan lainnya seperti sabotase ditepis dulu agar tidak menimbulkan fitnah.

Dokumen ADD/DD (yang juga ikut hangus musnah terbakar) kaitannya dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa adalah sebagai berikut :

  1. Peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam pengelolaan ADD/DD sebagai penyampai usulan ADD/DD dari desa melalui kecamatan yang ditujukan ke BPKPAD (Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah) untuk proses pencairan ADD/DD yang diusulkan tersebut;
  2. Posisi ADD/DD berada pada Kas Daerah, bukan pada Kas Dinas PMD, biaya mengalir langsung ke Kas Desa setelah terbitnya SP2D oleh BPKPAD; dan
  3. SPJ pengelolaan ADD/DD ada di desa.

Demikian informasi tentang terbakarnya bangunan gedung kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mandailing Natal.

 

 

By :

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Mandailing Natal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*